Sadapan Jantung pada rekaman EKG

 Sadapan Jantung pada Rekaman EKG

    Jika jantung merupakan organ yang sederhana, maka mungkin hanya dibutuhkan 1 sadapan untuk mendeteksi rekaman jantung. Namun, seperti yang kita ketahui jantung tidak sesederhana itu. Jantung merupakan sebuah organ tiga dimensi, sehingga kegiatan listriknya harus dimengerti dari tiga dimensi pula. Saat ini terdapat 12 sadapan, yang setiap sadapannya ditentukan oleh lokasi dan orientasi berbagai elektroda tersebut pada permukaan tubuh. 

    Semakin banyak sudut pandang yang diambil, semakin banyak juga informasi yang diperoleh. Untuk mengerti EKG dan menarik informasi sebanyak mungkin, anda perlu mengerti tentang sistem 12 sadapan ini.

Terdapat dua jenis yaitu : 6 Sadapan Ekstremitas dan 6 Sadapan Prekordial

1. Sadapan Ekstremitas

        Terdiri dari 3 sadapan standar dan 3 sadapan diperkuat (augmented). Ke-enam sadapan ekstremitas melihat jantung pada satu bidang vetrikal yang disebut bidang frontal (dilihat dari depan). Bidang frontal dapat dibayangkan sebagai lingkaran raksasa yang berhimpitan dengan satuan derajat dan berada didepan jantung kita. Sadapan ekstremitas memperlihatkan gaya-gaya listrik (gelombang depolarisasi dan repolarisasi) yang bergerak ke atas dan ke bawah serta ke kanan dan ke kiri pada lingkaran ini.

        setiap sudut mempunyai sudut pandangnya masing-masing yang spesifik terhadap jantung, atau disebut sudut orientasi. sudut tiap sadapan dapat ditentukan dengan menarik satu garis lurus dari elektroda negatif ke elektroda positif. Resultan sudutnya kemudian dinyatakan dalam satuan derajat dengan cara mencocokan sudut ini di atas lingkaran 360 derajat pada bidang frontal tadi.

ketiga sadapan ekstremitas standar dapat dijelaskan sebagai berikut.

        a. Sadapan I 

           Dibuat dengan cara menjadikan lengan kiri sebagai kutub positif dan lengan kanan sebagai kutub negatif. sudut orientasi 0 derajat.

        b. Sadapan II

            Dibuat dengan menjadikan kedua tungkai sebagai kutub positif dan lengan kanan sebagai kutub negatif. sudut orientasinya 60 derajat

        c. Sadapan III

            Dibuat dengan menjadikan kedua tungkai sebagai positif dan lengan kiri sebagai kutub negatif. sudut orientasinya 120 derajat. 

    Ketiga sadapan ekstremitas tambahan dibuat dengan cara yang sedikit berbeda. satu sadapan dipilih untuk menjadi kutub positif dan lainnya dibuat menjadi kutub negatif yang secara keseluruhan elektroda-elektroda tersebut pada dasarnya berperan sebagai elektroda negatif (pentanahan bersama/common ground) karena mesin EKG harus memperkuat sadapannya untuk menghasilkan rekaman yang jelas.

        a. Sadapan aVL

          Dibuat dengan cara menjadikan lengan kiri sebagai kutub positif dan ekstremitas lainnya  sebagai kutub negatif. sudut orientasinya -30 derajat.

        b. Sadapan aVR

        Dibuat dengan menjadikan lengan kanan sebagai kutub positif dan ekstremitas lainnya sebagai kutub negatif. sudut orientasinya -150 derajat.

        c. Sadapan aVF

        Dibuat dengan menjadikan kedua tungkai sebagai kutub positif dan ektremitas lainnya  sebagai kutub negatif. sudut orientasinya +90 derajat.


    Sadapan II, III, dan aVF disebut sadapan inferior karena sadapan ini paling bagus menilai permukaan inferior jantung. Permukaan atau dinding inferior sebuah jantung adalah suatu istilah anatomi  untuk bagian dasar jantung, yaitu bagian jantung yang bertumpu diatas diafragma.

    Sadapan I dan aVL sering disebut sebagai sadapan lateral kiri karena sadapan ini mempunyai sudut pandang terbaik untuk menilai dinidng lateral kiri jantung.

    Sadapan aVR berdiri sendiri. Sadapan ini adalah sadapan ektremitas kanan sejati.


2. Sadapan Perikordial

    Ke-enam sadapan prekordial, atau sadapan dada, jauh lebih mudah dipahami. sadapan-sadapan ini tersusun melintasi dada pada bindang horizontal seperti yang terlihat pada gambar di samping. Bila sadapan-sadapan pada bidang frontal menilai gaya listrik yang bergerak ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan, sadapan prekordial merekam gaya listrik yang bergerak ke anterior dan posterior

    Untuk membuat sadapan prekordial, setiap elektroda dada secara berturut-turut dibuat positif, dan seluruh tubuh dianggap sebagai pertanahan bersama (common ground).

    Ke-enam elektroda positif tadi terdiri atas sadapan prekordial V1 sampai V6 yang dipasang dengan posisi sebagai berikut.

    a. V1 dipasang diruang interkostal ke-empat disebelah kanan sternum.

    b. V2 dipasang diruang interkostal ke-empat disebelah kiri sternum.

    c. V3 dipasang diantara V2 dan V4.

    d. V4 dipasang diruang interkostal ke-lima pada linea medioklavikularis.

    e. V5 dipasang diantara V4 dan V6.

    f. V6 dipasang diruang interkostal ke-lima pada linea aksillaris media.



       V1 terletak tepat di atas ventrikel kanan, V2 dan V3 diatas septum interventrikulare, V4 diatas apex ventrikel kiri, serta V5 dan V6 diatas ventrikel kiri bagian lateral.

Komentar